TUGAS 1 & 2 - Sistem Analis dan Sistem Informasi

Apa itu sistem analis? 
Apa saja tugas-tugasnya? 
Bagaimana langkah kerjanya?
Mari kita lihat penjelasannya di bawah :


Setelah paham mengenai sistem analis, maka akan dilanjutkan penjelasan yang berkaitan yaitu sistem informasi.
Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, dimana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.
Terdapat empat tingkatan sistem informasi dalam suatu organisasi, diantaranya:


Berikut contoh studi kasus sistem informasi pada PT Petrokimia Gresik :


PT Petrokimia Gresik merupakan Produsen Pupuk Terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk, dan bahan kimia untuk solusi agroindustri. Perusahaan berlogo Kebomas, dan berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia ini adalah Anak Usaha PT Pupuk Indonesia (Persero). PT Petrokimia Gresik berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, demi mendukung terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional, dan kemajuan dunia pertanian.

Struktur organisasi pada PT Petrokimia Gresik :


Analisa tingkatan sistem informasinya sebagai berikut:
1. Executive Information Systems (EIS)
EIS adalah satu jenis dari manajemen informasi sistem yang dimaksudkan untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan kebutuhan dari eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya internal dan eksternal keterangan relevan untuk bertemu gol strategis dari perusahaan. Ini biasanya dipertimbangkan sebagai satu bentuk dikhususkan dari satu sistem mendukung keputusan (DSS) atau Sistem Informasi Eksekutif (EIS) di atas adalah jenis sistem informasi manajemen untuk memfasilitasi dan mendukung informasi dalam pengambilan keputusan kebutuhan dari eksekutif ini dengan menyediakan akses mudah baik informasi internal dan eksternal yang terkait untuk memenuhi tujuan strategis perusahaan. Hal ini biasanya dianggap sebagai bentuk khusus dari Sistem Pendukung Keputusan (DSS).


Pada PT Petrokimia Gresik, EIS menerima data dari DSS sebagai pemutus tertinggi pada perusahaan, meliputi penetapan pekerja, mengesahkan proyek baru yang diperlukan, serta kontrak dengan relasi lainnya

2. Decision Support Systems (DSS)
DSS merupakan peningkatan dari MIS dengan penyediaan prosedur-prosedur khusus dan pemodelan yang unik yang akan membantu manajer dalam memperoleh alternative keputusan.

Pada PT Petrokimia Gresik, melalui data-data dari proses sebelumnya dapat dilihat seberapa cukup sumber daya manusia yang dibutuhkan lagi dalam perusahaan. Selain itu, dari sisi pekerja dapat dilihat siapa yang mumpuni untuk direkomendasikan pada bidang tertentu (promosi)

3.
Management Information Systems (MIS)
MIS adalah sebuah kelengkapan pengelolaan dari proses-proses yang menyediakan informasi untuk manajer guna mendukung operasi-operasi dan pembuatan keputusan dalam sebuah organisasi.Pada MIS, masukan yang diberikan berupa data transaksi yang telah diproses, beberapa data yang asli, model-model pengolahan data.Kemudian data-data tersebut akan diproses. Proses yang terjadi berupa pembuatan laporan-laporan yang ringkas, keputusan-keputusan yang rutin dan jawaban dari query yang diberikan.

Pada PT Petrokimia Gresik, MIS berupa laporan data grafik penjualan dan pembelian serta kepuasan konsumen yang mana berguna untuk melihat konsumsi pupuk yang sedang dibutuhkan maupun sebaliknya. Selain itu, juga melihat kebutuhan lain yang diminta konsumen.

4.
Transaction Processing Systems (TPS)
TPS merupakan hasil perkembangan dari pembentukan kantor elektronik, dimana sebagian dari pekerjaan rutin diotomatisasi termasuk untuk pemrosesan transaksi. Pada TPS, data yang dimasukkan merupakan data-data transaksi yang terjadi.

Pada PT Petrokimia Gresik, data transaksi meliputi penjualan pupuk, pembelian bahan baku, dan penggajian karyawan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 - Use Case Diagram GO-FOOD