TUGAS 1 - Studi Kasus Anggaran Membangun Software (Twitter)


Safira Vanillia Putri 
0511164000001 - MPPL D


Twitter (/ˈtwɪtər/) adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).
  • Perusahaan
Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo. Pada bulan Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya – termasuk Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Glass, yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian Twitter hingga tahun 2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri (Twitter, Inc) pada bulan April 2007.
  • Pendanaan
Pendanaan awal Twitter tidak diketahui jumlahnya, namun dikabarkan mencapai angka US$1 hingga US$5 juta. Pendanaan putaran kedua pada tahun 2008 diperkirakan sebesar US$22 juta, dan pendanaan putaran ketiga pada 2009 adalah sebesar US$35 juta, yang berasal dari Institutional Venture Partners dan Benchmark Capital, termasuk jumlah tak diketahui yang diperoleh dari investor lain, seperti Union Square Ventures, Spark Capital, dan Insight Venture Partners. Pendanaan Twitter sendiri disokong oleh Union Square Ventures, Digital Garage, Spark Capital, dan Bezos Expeditions.

  • Lama Pembuatan
Proses pengerjaan dilakukan selama kurang lebih 4 bulan, yaitu pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Jack Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM. Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my twttr". Twitter pertama kali dipublikasikan pada 15 Juli 2006.
  • Tim
Pada mulanya didirikan oleh 4 orang, yaitu Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, Evan Williams. Namun hingga tahun 2017 berkembang hingga memiliki 3.372 karyawan.
  • Bahasa Pemrograman : Java, Ruby, Scala, JavaScript

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 - Use Case Diagram GO-FOOD